In The Name of Allah

Welcome - Sugeng Rawuh - Selamat Datang

Senin, 02 Maret 2009

ZUHUD DUNIA

“ Dunia ini dibandingkan dengan akhirat, tak ubahnya seperti apabila salah seorang diantara kalian yang mencelupkan jari tangannya ke dalam air lautan. Maka seberapa airkah yang bisa di ambilnya ?! “ ( Hadits Riwayat Muslim )


Rasulullah membagi manusia menjadi empat kelompok, bergantung sikap mereka terhadap dunia :


Diriwayatkan oleh Abu Kabsyah dari Nabi sholallaahu alaihi wasallam, beliau bersabda : “Dunia ini diperuntukkan kepada empat orang :


1. Kepada Seorang hamba yang dikaruniaiilmu dan harta oleh Allah, sehingga di alam dunia ini dia bertakwa kepada Robbnya, selalu meyambung silaturrahmi, serta mengetahui hak-hak Allah. Itulah derajat yang paling utama.


2. Seorang hamba yang dikaruniai ilmu oleh Allah, tetapi tidak dikaruniai harta. Hatinya bersih, sehingga dia berkata : “ Seandainya aku memiliki harta, tentu aku akan beramal seperti Fulan. “ Dengan niatnya itu, dia akan diberikan pahala setimpal.


3. Kepada seorang hamba yang dikaruniai harta oleh Allah, tetapi tidak dikaruniai ilmu. Dia menjadi bergelimang harta dalam kebingungan tanpa ilmu. Dia tidak mampu bertakwa kepada Allah dan tidak mampu menyambung tali silaturrahmi, juga tidak megetahui hak- hak Allah dalam harta tersebut. Itu adalah derajat manusia yang terburuk.


4. Kepada seorang hamba yang tidak dikaruniai harta ataupun ilmu oleh Allah, namun ia berkata : “ Seandainya aku mempunyai harta, aku akan melakukan perbuatan seperti fulan itu. “ Maka dengan niatnya, ia akan mendapatkan dosa yang setimpal. “

( Diriwayatkan oleh Tirmidzi, dan beliau berkata : “ Hadits hasan shohih “ )


Saudaraku seiman … Kalau kita memang ingin selamat di dunia ini, hendaknya kita menjadi orang yang bersyukur terhadap karunia yang diberikan Allah kepada kita … bersabar bila Allah memberi cobaan kepada kita … dengan tetap ridlo dan pasrah terhadap takdir … bagaimanapun adanya …



(Disarikan dari kitab karangan Ibnu Rajab Al Hambali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please... Comment at this one