In The Name of Allah

Welcome - Sugeng Rawuh - Selamat Datang

Senin, 02 Maret 2009

BELALANG MENCOBA MENGHENTIKAN KERETA

TAN BI DANG CHE


Kisah ini terjadi pada periode Musim Gugur dan Semi (770-476 SM). Suatu ketika seorang pelajar yang sangat terkenal bernama Yan He mengunjungi negara Wei. Ia diterima dengan hangat oleh salah satu pejabat tinggi negara tersebut. Pejabat itu memintanya untuk mendidik anaknya Kuai Kui yang terkenal sebagai pemuda berandalan. Tabiat pemuda itu sangat buruk, ia tidak segan-segan membunuh orang.

Yan He menceritakan perihal tawaran tersebut pada temannya yang bernama Qu dan ingin mendengar pendapatnya itu. Qu tidak langsung menanggapi. Ia justru menceritakan sebuah kisah, “Suatu hari ketika saya sedang melewati jalan raya, tiba-tiba muncul seekor belalang yang berdiri di tengah jalan. Ia mencoba menghentikan kereta saya. Namun apa yang terjadi?? Dalam sekejap tubuhnya terlindas roda kereta. Tidak mungkinlah seekor belalang menghentikan kereta yang sedang berjalan.” Sejenak kemudian Qu menambahkan, “ dalam pandangan saya, Anda seperti belalang itu, yang terlampau tinggi menilai kemampuan diri, bahkan berani mendidik anak pejabat yang terkenal kebrutalannya. Saya khawatir, sebelum anda sempat mendidiknya, nyawa Anda sudah melayang terlebih dahulu.

Mendengar kata-kata Qu, Yan He sadar akan kesalahannya. Akhirnya, ia menolak tawaran itu dan mempersingkat kunjungannya ke negara Wei.

Beberapa tahun kemudian, Yan He mendengar kabar bahwa anak pejabat tinggi itu di bunuh orang karena terlalu banyak melakukan kejahatan

*********

Jangan terlalu tinggi menilai kemampuan Anda, terutama dalam mengerjakan sesuatu yang beresiko tinggi, sebab jika gagal akan sangat fatal akibatnya…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please... Comment at this one